2.25.2013

Workshop dan Pameran Desain Hias Poci Teh Indonesia

Budaya merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang meliputi seluruh aspek-aspek kehidupan manusia. Salah satu budaya yang sangat dengan kita adalah budaya minum teh. Bagi masyarakat Indonesia, minum teh merupakan suatu kebiasaan yang sudah ada semenjak zaman dahulu kala. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil teh. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia sudah menjadi negeri penghasil teh sejak zaman penjajahan.

Kebun-kebun teh di Indonesia sangatlah banyak, tersebar di beberapa pulau, seperti pulau Jawa dan Sumatera. Luas tanah yang dijadikan kebun teh di Indonesia berjumlah 120.000 hektare dengan total produksi sekitar 150 ribu ton per tahun. Sekitar separuhnya, yaitu 75 ribu ton menjadi komoditi ekspor ke luar negeri.

Dalam budaya minum teh, ada piranti yang menemani, seperti misalnya poci teh, yang terbuat dari tanah liat. Kebiasaan minum teh menggunakan poci teh ini berasal dari daerah Tegal. Teh diseduh di dalam poci dan ditambah dengan gula batu, kemudian diminum panas-panas. Poci teh ini sendiri sangat terkenal di daerah Tegal, Slawi, dan Brebes.

Untuk meningkatkan promosi teh, Mitra Edukasi Budaya merencanakan untuk mengadakan Workshop Desain Hias Poci Teh dan Pameran Teh Poci Indonesia. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi generasi muda untuk mencintai budaya minum teh melalui kecantikan desain poci teh.


Acara ini akan diadakan pada tanggal 23 Maret 2013 bertempat di Museum Monas, Jakarta. Info lebih lanjut follow akun twitter @EdukasiBudaya atau add akun Faceboook Edukasi Budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar